Jenis Daun yg Memiliki Khasiat Sebagai Obat


Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya cerita tanaman obat. Lebih atas 300 species tanaman terpendam untuk dimanfaatkan sebagai bumbu rampai obat. Sebagian khasiat dari tanaman-tanaman tersebut sudah dibuktikan melalui tes Klinis & hasilnya afirmatif.

Tidak segenap bagian daripada tanaman obat bisa dimanfaatkan sebagai benda ramuan obat. Misalnya, tumbuhan jahe, kurkuma, dan temulawak hanya potongan rimpang-nyalah yang berkhasiat. Nenas, jeruk nipis, dan belimbing lebih banyak dimanfaatkan buahnya untuk obat. Sesi tanaman produktif lainnya kulit batang, pokok, biji, getah, dan insang.

Di antara bagian tanaman itu tampaknya paru-paru merupakan unit yang tertinggi dipakai. Untuk mengenal cenderung lagi daun-daun berkhasiat obat, Berikut ini merupakan 28 jenis tanaman tersebut:

1. Daun Bakung

Nama sains: Crinum asiaticum

Nama Unik: Semur, dausa, pete, fete-fete

Deskripsi: Herba, tinggi lebih kurang 1, 5 m. Insang tunggal, lanset, panjang 32 – 120 cm, mega 3 – 10 cm, tebal, tepi rata, awal daun tumpul dan ujung meruncing.

Khasiat: Peluruh peluh dan obat luka

Rahim: Tiramin

Cara: Untuk obat luka, peparu ditumbuk, dicampur madu serta dioleskan pada luka.

2. Daun Bayam Duri

Nama latin: Amaranthus spinosus

Nama Berbeda: Hayum keri, senggang duri, taruyak lakek

Deskripsi: Tanaman terna, uzur setahun, menjulung 0, 4—1, 5 m. Batang berduri. Daun tunggal, tersusun tersebar di sekitar batang. Kerangka daun oval memanjang, ujung dan pang-kalnya runcing. Insang berwarna muda.

Khasiat: Obat radang saluran pernapasan, wasir, demam

Rahim: Amarantin, stereotip, kalium nitrat, piridoksin, zat logam, garam fosfat, vitamin A, C, & K.

Cara: Seperempat pukal daun dicuci bersih, digiling dengan 3 sendok menjarah air teperinci dan garam sedikit. Paduan ini diperas dan disaring. Cairan diminum sehari 2 kali.

3. Daun Sematan Santan

Nama latin: Clitoria ternatea

Nama Berbeda: –

Tuturan: Tanaman tersiar, berbunga biru. Daun majemuk bersirip, bingkai rata, susunan bulat telur. Wama daun muda

Khasiat: Obat bisul dan jerawat, obat pembasuh emas tempawan

Kandungan: Asam arachidic, linoleat, oleat, miristat, palmitat, & stearat

Cara: Untuk melimbang mata diterapkan rendaman paru-paru

4. Insang Ciplukan

Nama sains: Physalis angulata

Nama Beda: Cecendet, kopok-kopokan, Ceplukan

Deskripsi: Tanaman perdu semusim, selevel kurang lebih 1 meter. Berdaun tunggal, bulat telur dengan pucuk runcing. Lama daun 5—25 cm, luhur 2, 5—18 cm. Rona daun hijau.

Khasiat: Obat sakit lekum, batuk rejan, gondongan, dan bisul

Perut: Daun terdapat asam klorogenat, kulit impak mengandung C27H44O-H2O1 dan dalam bijinya siap elaidic acid

Cara: Untuk obat meruntuhkan, setengah genggam daun dicuci dan digiling halus. Bentrokan itu ditempelkan di bisul dan sekelilingnya. Sedang untuk penyakit unik tidak sempurna daunnya sekadar, namun sekujur bagian tanaman sebanyak 9—15 gram direbus, dan airnya diminum

5. Daun Cincau

Nama latin: Cyclea barbata

Sebutan Lain: Camcao, Cingcau

Tuturan: Tanaman terna membelit, semampai sekitar 6 m. Daun tunggal, kerangka bulat dadap dengan pucuk runcing, pangkal tumpul, serta tepi peras. Permukaan patera berbulu, pertulangan menyirip, & warna hijau.

http://tanamancantik.com/tanaman-obat/10-macam-macam-tanaman-obat-dan-manfaatnya/ Keuntungan: Obat marah-marah lambung, tuntutan darah tinggi, tifus dan panas

Kandungan: Polifenol, karbohidrat, saponin, flavonoida, dan lemak

Cara: Untuk obat radang lambung, 50 gram daun baru dicuci dan lalu ditumbuk datang lumat. Tambahkan 4 kaca air masak, kemudian diremas-remas, diperas & disaring. Diamkan sampai mengental dan tambahkan 5 diminum sehari 3 kali, pagi, siang, serta malam.

6. Daun Duduk

Nama latin: Desmodium triquetrum

Pamor Lain: Genteng cangkeng

Uraian: Perdu menahun yang berkembang tegak selevel 0, 5—1 m. la juga siap menjalar seturut 3 m, bila tersedia sesuatu yang dijalari. Daunnya tunggal, runcing dengan ujung runcing, tersusun berseling di dalam batang. Panjang daun 10—12 cm, mega 1, 5—2 cm. Warnanya cokelat lalu hijau uzur.

Khasiat: Obat wasir serta sakit pinggang

Kandungan: Asam kersik, kalium, dan tanin

Cara: Untuk obat wasir, daun kian dahulu dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk kasar. Bubuk sebanyak 15—20 gram diseduh dengan 300 cc air panas sampai arut, kemudian diminum seluruhnya. Sehari pas satu kaca

Advertisements