Metode Laser Sebagai Peralatan Memotong Plat Baja


Mungkinkah laser, plasma jet & water jet sesungguhnya saling bersaing / saling melengkapi? Memang cakupan aplikasi bentuk pemotongan berikut luas, sebab itu untuk pengguna kudu menentukan urusan dari masing-masing sehingga metode pemotongan beserta menggunakan sinar optimal.

Binar laser, plasma zet & water jet merupakan peranti pemotong bermacam-macam macam bahan baku di dalam bidang industri yang sudah diterima berdasar pada luas. plat baja 3mm  Di aplikasinya, radas tersebut memiliki banyak konsistensi, sehingga interior penggunaannya sering saling ditukarkan satu tentu lain. Namun sebenarnya ketiga alat ini sangat tidak sama, dan comotan aplikasinya padat sehingga perlengkapan ini bisa melengkapi satu sama lain dan sungguh saling bersilaju. Gambar 1 menunjukan jenis-jenis bagian yang dipotong sebab sinar tukang potong yang bersumber dari bahan yang berbeda-beda, diproduksi serta diinstalasi per produsen kelengkapan mesin Knuth GmbH.

Aplikasinya dimulai atas ketebalan 3 mm beserta arus paling-paling 400 A hingga ketebalan 80 mm. Tergantung pada ketebalan & material, konsistensi arus & kecepatan pemenggalan harus ditentukan sehingga dicapai daya pemenggalan tertinggi dengan pemisahan penggalan sederhana ataupun hasil pemotongan pinggiran dengan kualitas bagus tercapai. Biasanya, dengan kerimbunan maksimal sisi 10 mm dan beserta kecepatan dua hingga 5 m/menit, aku dapat mengait kualitas penggalan yang utama yang terhenti pada bahannya, sedangkan untuk kecepatan sobekan mungkin siap mencapai lalu 6 m/menit.

Selain pekerjaan-pekerjaan khusus, bentuk pemotongan plasma jet atas Knuth mampu memotong baja murni dengan ketebalan yang lebih luas atau menyabet material secara ketebalan menengah yang mampu memberikan perolehan yang lebih besar, instalasinya dapat dipadukan dengan wahid atau lebih kepala pemotong untuk dipakai pada pemotong bakar otogen. Instalasi ini akan dinyalakan melalui kontrol mesin otomatis di antara pemotong laser plasma dan pemotong bakar otogen. Namun demikian, bagian yang dipotong mesti dibuat dengan boran yang terdefirtasi secara diameter lubang yang kian kecil. Pada kasus ini, perlengkapan beserta mesin oknum bor menyusun solusi yang pas.

Water jet berurusan dengan penunjukan material pada metode pemotong laser, ialah memutuskan antara water jet murni atau water jet abrasif. Untuk bahan rusak seperti kayu, dapat dijalani hanya secara menggunakan water jet bertekanan tinggi untuk menembusnya. Untuk plastik rusuh, logam, benda mineral dan kaca, water jet mesti ditambahkan bulir-bulir halus secara bahan abrasif agar bisa menembusnya. Tidak sama dengan pemotong laser plasma yang memotong dengan modus operandi pemanasan, dan dengannya lokasi yang bakal dipotong dipanaskan sampai mencair, pemotong laser air yaitu metode pemotongan dingin, yang hanya ialah transfer paksa dari konstituen laser dengan sangat tangkas ke interior meterial hingga berefek penundaan bahan material tersebut.

Karena ini adalah proses perceraian dingin, terutama pada kecergasan dibawah 0, 2 m/menit bahan gak terbakar. Sanggup juga secara kecepatan yang lebih mungil memisahkan benda dengan kerimbunan 100 mm, bahkan untuk alumunium bisa sampai 200 mm & pada berangkal yang homogen seperti minyak mineral, pemisahan pula dengan lilitan yang sama. Saat ketebalan faktor sampai 10 mm, dipastikan, tergantung bahannya, dengan tekanan yang diatur, dapat mengotes dengan absrasif minimum & kualitas yang diinginkan dengan kecepatan sejak 0, dua sampai 3 m/menit, yang bukan akan merisaukan penetapan markah yang cantik pada masing-masing bahan. Beserta ketepatan segi potongan meraih 0, 1 mm di setiap potongan dengan laser plasma, jadi dengan kerimbunan material tersebut akan banyak keuntungan yang bisa didapat, yaitu di beberapa lempengan yang ditumpuk satu setara lain & di penggal sekali sekadar, ia mau dapat mengotes beberapa potongan sekaligus. Berbeda dengan patokan pemotongan beserta panas yang hanya siap melelehkan sesi terdepan.

Untuk kualitas kinerja yang lebih tinggi, tersedia sistem pemotongan Hydro-Jet secara dua atau lebih penyelenggara potong water jet. Penggarapan potongan secara permukaan pemenggalan yang menyebelahi (talang ataupun komponen dengan lingkar untuk sisi kaki gunung alat tingkah laku dengan Geometri yang berbeda-beda) menggunakan kepala pemotong 3D yang tergolong pengontrol jentera dengan lima sumbu serentak.

Pemotong cahaya laser bakal bisa menyabet ketebalan benih yang kecil secara geometri pecahan yang kian kompleks dengan akurasi yang lebih utama (Gambar 3). Ini barangkali juga dipakai untuk kira-kira bahan non-logam seperti gawang atau plastik tertentu terutama kaca akrilik. Fokus cahaya laser dalam flek membakar tergantung pada penggunaan lama lensa isi dengan diameter 0, 12- 0, 25 mm, sehingga celah pecahan yang kecil memungkinkan pembuatan bentuk-bentuk yang lebih bertautan dan sekalian kontur pecahan yang lebih rapat dan dalam dari ketebalan material masing-masing, minimum mulai dari 0, 2 mm. Hal ini biasanya menghasilkan pekerjaan mengabung menjadi kerap-kerap. Karena rejang pemotongan semampai, bahan yang dipotong pula biar mengeluarkan cipratan-cipratan api yuwana, sehingga prosedur pemotongan yang panas ini dapat dinetralkan oleh metode pemotongan dengan metode susut.

Terdapat berbagai macam variasi metode pada memutuskan: cahaya laser yang pemotongannya mempergunakan pembakaran beserta oksigen sebagai gas pemotongnya. Pada baja murni, rentetan ini mampu mencapai rejang potong (pada ketebalan lempengan 1 mm 7 m/menit sudah dengan daya laser 1kW bertumpu dengan 1m/menit pada ketebalan plat 6 mm). Yang sama dengan binar laser yang menggunakan modus operandi pelelehan mempergunakan nitrogen beserta tekanan menjulung (10 cukup 20 bar) yang digunakan pada stainless yang santai korosi maka itu bebas oksidasi dan dengan begitu segi potongan pula bersih atas gerigi (potongan tidak rata) pada tepi potongannya dan tentunya dengan kualitas potongan yang tinggi (pada ketebalan plat 1 mm 5 m/menit hanya dengan kemampuan laser 1 kW). Demikian juga di potongan laser dari paras akrilik, yang dapat membangun permukaan pecahan dengan poin tinggi, yang walaupun ringan tetapi hasilnya dapat tampak jelas.

Pemotongan oleh laser dengan emisi radiasi yang berlanjut (cw-laser mode), memperpanjang proses pemotongan untuk kualitas potongan yang bagus beserta konsistensi kesebatan potongan yang tinggi (sekitar 80% atas maksimum rejang pemisahan). Sesuatu ini sebab sifat dinamis dari mesin utama yang sering bengawan menjadi tempat pembatas mulai kualitas pecahan. Dalam proses pembuatan, ketepatan potongan gak menggunakan laser yang berlanjut, melainkan beserta cara luar biasa yang didenyutkan. Penghapusan bahan material tercipta dalam zaman yang sangat singkat, di mana kecakapan laser cw lebih gede dari laser berdenyut, seakan-akan dengan mode percikan erosi. karena hal ini sanggup dibuat dengan sangat pelan, mungkin, dengan metode berikut dapat membuat kontur elemen dengan unit submilimeter.

Keragaman mesin laser pemotong mengijabkan metode berikut yang punya wilayah pikulan mulai dari 2, 5 m x 1, 25 m untuk mengoptimalisasi titik-titik ergonomis pengaturan jentera (Gambar 4). Penggunaan laser CO2 secara daya laser 0, 6 atau 1, 5 kW menjamin tersedianya pilihan mutu yang memukau dengan dana operasional yang rendah. Karena bingkai jentera pada laser itu sudah terpasang beserta sendirinya, untuk transportasi & pemasangan jentera tidak mencita-citakan banyak bisnis dan bukan membutuhkan teritori pemasangan yang khusus. Namun,, untuk menguraikan plat berukuran besar atau dengan ketebalan sampai 20mm, misalnya di dalam baja murni, Laser Jet 3015FA beserta meja ubah menawarkan sebuah solusi yang efektif.

Hal yang primer untuk meraih hasil penggalan yang indah adalah akurasi dari pengarahan oleh perangkat utama, Kelakuan laser & parameter pecahan bergantung pada optimalisasi data teknologi. Oleh sebab itu Knuth menggunakan semua segi penting yang ditawarkan, seperti kontrol CNC, instalasi plasma, pompa uap bertekanan tinggi, kepala laser air abrasif, dan setiap kepala pemotong dengan corak berkualitas utama dari produsen terkenal. Apabila penguna sendiri belum mempunyai data teknologi yang pas optimal, oleh karena itu pusat wewenang ini hendak dikembangkan untuk teknologi pemotongan. (MM)

Advertisements